TROUBLESHOOTING PADA JARINGAN DAN PENANGANANNYA (
Error Handling )
Membangun jaringan wireless komputer sederhana dirumah atau dikantor kecil adalah cukup mudah
dilakukan dengan tersedianya berbagai macam perangkat jaringan terutama
wireless router yang sudah terintegrasi dengan modem seperti DSL-2640 D-Link
atau DGND3300 NETGEAR. Akan tetapi terkadang tidak sesederhana seperti dalam
teorinya, masalah jaringan kerap kali terjadi yang memaksa kita sendiri harus
melakukan troubleshooting jaringan tersebut.
Troubleshooting jaringan kebanyakan adalah melakukan serangkaian langkah2 untuk
mengeliminir potensi2 masalah satu per satu sebelum akhirnya kita menemukan
sumber masalah tersebut. Pada dasarnya ada tiga langkah pokok dalam melakukan
troubleshooting jaringan wireless di rumah atau dikantor yaitu: mengisolasi
masalah; troubleshooting masalah; dan bila perlu menghubungi technical support
yang tepat.
Mengisolasi Masalah
Sebelum melakukan troubleshooting
jaringan, kita perlu melokalisasi atau mengisolasi apa yang menjadi akar
dari masalah tersebut. Artikel ini dikhususkan pada jaringan wireless dirumahan
atau dikantor kecil, walaupun teorinya bisa diterapkan pada metoda troubleshooting masalah jaringan di corporate
network juga. Umumnya pada jaringan
wireless dirumah atau dikantor kecil, terdapat tiga layer seperti terlihat pada
gambar diagram dibawah ini, yaitu Internet, modem / router, dan komputer pada
jaringan. Kita harus bisa mengisolasi di layer yang mana masalah tersebut
berada sebelum kita melakukan troubleshooting jaringan dengan efektif.
Layer Jaringan untuk isolasi masalah
jaringan di rumah
Walaupun mungkin saja kita bisa
memperbaiki hampir semua masalah jaringan, mengetahui di layer mana akar
masalah nya adalah sangat membantu kita jika seandainya situasinya memaksa kita
harus menghubungi technical support misal ke vendor atau ke ISP jika sudah
mentok tidak bisa memperbaikinya setelah kita melakukan troubleshooting
jaringan tersebut.
Bagaimana cara mengetahui di layer
mana akar masalah nya, kita bisa mengikuti langkah berikut dengan asumsi
komputer kita menggunakan Windows XP / Vista.
- Click Start => Control Panel =>
Click Network and Internet Connections
- Dibawah Network and Internet Connection =>
Click Network Connection
- Sekarang kita bisa melihat status dari koneksi NIC
network adapter pada komputer kita dibawah Network Connections window
dengan kemungkinan status sebagai berikut:
A > Status adalah Connected akan
tetapi tidak bisa akses internet
Connected Status
Status ini menunjukkan bahwa
komputer kita terhubung dengan jaringan dengan sempurna, yaitu terhubung kepada
router / modem di layer tengah pada gambar layer diatas. Jika jaringan wireless,
maka komputer terhubung kepada wireless router dengan baik. Hal ini menunjukkan
ada masalah pada layer atas yaitu Internet.
Untuk bisa melakukan troubleshooting
jaringan dengan status ini, kita bisa mengikuti langkah berikut ini.
- Pastikan terlebih dahulu dengan membuka browser
internet kita dan check ke website tertentu misal saja ke www.computer-network.net
atau ke www.wireless-router-net.com atau kemanapun. Jika anda bisa mengkases website
tertentu akan tetapi website yang lain bagus, berarti tidak ada masalah
pada sisi jaringan anda. Masalah terletak pada fihak ISP yang mungkin
salah satu backbonenya rusak atau putus. Jika sama sekali anda tidak bisa membuka
internet kemanapun, teruskan langkah berikut.
- Lepaskan sambungan modem yang ke line telpon atau Cable
line, tunggu beberapa saat barang semenit kemudian koneksikan lagi.
- Lepaskan sambungan wireless router dari modem
(sambungan antara port LAN pada modem dan port WAN pada wireless router),
tunggu beberapa saat kemudian sambung lagi. Ini jika anda mempunyai
perangkat terpisah antara wireless router dan modem.
- Restart komputer anda dan ulangi untuk membuka dan
akses website. Jika anda bisa mengkases website akan tetapi koneksinya
lambat sekali sementara komputer lain bisa mengkases (jika ada lebih dari
dua komputer dalam jaringan) anda bisa mencurigai beberapa komputer yang
lain sedang mengkonsumsi bandwidth sangat intensive mungkin sedang
streaming HD media dari internet atau banyak melakukan sharing files
dengan beberapa komputer. tutup di komputer lain tersebut beberapa
aplikasi yang mencurigakan dan bila perlu matikan sementara untuk
memastikan masalah. Jika tak satupun website terbuka, maka lakukan langkah
berikut ini.
- Jika anda mempunyai modem dan wireless router terpisah,
cobalah putuskan koneksi ke wireless router dan koneksikan komputer anda
langsung kepada modem. Restart komputer anda dan coba lagi akses internet.
Jika anda sukses akses ke internet, maka anda bisa memastikan ada masalah
dengan wireless router anda.
- Jika langkah tersebut masih juga belum berhasil akses
internet, maka bisa dipastikan ada masalah dengan modem anda atau ada
masalah dengan IS P anda. Telpon ISP anda untuk memastikan kalau ada
masalah dengan layanan Internet.
B > NIC atau wireless adapter
status disabled
Disabled status
Jika gambar status diatas ini buram
abu2 maka dipastikan bahwa adapter dalam keadaan Disabled. Ada seseorang yang
secara tidak sengaja men-disabled nya atau mungkin anda sendiri yang iseng
coba-coba klik sana sini dan klik Disable. Klik kanan icon tersebut dan
pilih Enable.
C > limited or no connectivity
Status
Limited or no connectivity status
Kondisi limited or no
connectivity pada dasarnya tidak ada masalah dengan komputer anda, koneksi
ke router atau modem juga tidak ada masalah, akan tetapi konfigurasi wireless
router tidak sempurna. Hal ini biasanya berhubungan dengan konfigurasi DHCP
pada router tidak aktif atau ada masalah koneksi antara modem dan internet
(jika fihak ISP memberikan layanan DHCP kepada
clients).
Troubleshooting jaringan dengan
status limited or no connectivity ini disebabkan beberapa masalah
berbeda termasuk koneksi internet yang gagal, wireless router atau adapter yang
tidak dikonfigure dengan benar. Ikutin petunjuk berikut ini untuk
troubleshooting jaringan dengan status ini.
- Klik kanan adapter tersebut dan pilih Repair.
Perhatikan apakah sudah normal connected atau masih limited. Langkah ini
memastikan untuk mendapatkan IP address dari DHCP server.
- Buka property TCP / IP dari adapter anda dan pastikan
bahwa TCP/IP konfigurasinya adalah obtain IP address automatically.
- Putuskan koneksi ke modem, tunggu sebentar dan
koneksikan lagi.
- Jika ada wireless router terpisah dengan modem,
putuskan koneksinya – tunggu beberapa saat dan hubungkan lagi.
- Restart komputer anda
- Sampai langkah ini masih juga status limited, maka
lihat konfigurasi router atau apakah konfigurasi DHCP nya sudah enabled.
- Restart komputer anda. Jika status masih Limited or no
connectivity , dan jika wireless komputer dan modem terpisah, cobalah
putuskan modem dan router terus koneksikan komputer anda langsung ke
modem. Restart komputer dan periksa apakah status sudah berubah.
- Jika masih juga status limited, hubungi ISP anda.
Status ini menunjukkan adanya DHCP gagal fungsi tidak bisa memberikan IP
address ke clients. Biasanya fihak ISP memberikan konfigurasi DHCP kepada
clients.
D > Cable terputus atau lepas
Status kabel jaringan terputus
Kondisi ini menunjukkan koneksi
kabel terlepas, tidak ada koneksi ke router / modem.
- Periksa apakah ada kebel terlepas
- Jika kabel sudah terhubung sempurna ke router / Switch,
cobalah swap ke port lain pada router / Switch. Anda juga bisa memeriksa
status lampu pada router atau switch saat kabel terhubung ke komputer
nomor berapa port tersebut terhubung, biasanya lampu akan berkedip jika
ada hubungan ke wireless router / switch pada port yang bersangkutan.
- Jika masih juga status terputus, cobalah ganti kabel jaringannya
dengan yang baru atau coba pinjam dengan kabel yang terbukti jalan dari
komputer sebelah.
- Jika masih status terputus, sementara komputer lain
jalan – maka anda bisa mencurigai adapter anda
rusak. Gantilah dengan yangbaru.
E > Wireless adapter tidak dapat
terhubung kepada wireless network
Tidak ada koneksi ke wireless
network
Status ini menunjukkan koneksi
wireless adapter anda terputus dengan jaringan wireless anda. Ada dua
kemungkinan, adapter wireless anda tidak bisa terhubung ke wireless network
anda, atau koneksi wireless intermittend.
No comments:
Post a Comment